Transfer News : Naby Keita menjadi target Liverpool £ 70 juta

Transfer News : Naby Keita menjadi target Liverpool £ 70 juta

Untuk Transfer News kali ini Frederic Arpinon sedang duduk di kantornya di FC Istres saat dia menerima telepon pertamanya tentang seorang pemain muda bernama Naby Keita. Itu adalah Oktober 2013 dan Arpinon, mantan gelandang berpaling direktur olahraga, sedang mencari rekrutan baru untuk membantu pertempuran lapis kedua Prancis melawan degradasi.

“Saya bermain sepak bola untuk waktu yang lama di Prancis jadi saya memiliki banyak kontak dalam pertandingan Prancis,” kata Arpinon . “Ada seorang pria yang saya kenal di Le Mans Dia memanggil saya dan mengatakan bahwa dia memiliki pemain yang sangat bagus, dia berkata: ‘Fred, percayalah, Anda harus melihat orang ini.'”

Keita adalah seorang gelandang berusia 18 tahun dari Guinea yang telah melakukan perjalanan jauh ke Prancis dengan harapan bisa menemukan sebuah klub. Le Mans tidak bisa menandatanganinya sendiri karena mereka berada di ambang kebangkrutan, tapi bukan tidak biasa bagi Arpinon untuk menerima rekomendasi semacam ini. Dia memutuskan untuk membuat beberapa panggilan sendiri. “Aku ingin tahu: Siapa Naby Keita ini?” Katanya sambil tertawa kecil.

Arpinon berbicara kepada orang-orang yang telah menyaksikan Keita bermain dalam sebuah kompetisi yang diselenggarakan oleh mantan bek Celtic Bobo Balde di Marseille. Dia berbicara dengan orang lain yang terlibat di Le Mans. Sebuah gambar mulai muncul dari berlian kasar dengan potensi yang belum dimanfaatkan. “Semua orang yang saya ajak bicara mengatakan bahwa dia adalah pemain yang fantastis,” katanya.

Arpinon cukup tertarik untuk mengundang Keita untuk diadili. “Naby tiba dan segera jelas dia berada di tingkat yang berbeda,” katanya. “Itu tekniknya, saat dia sampai di bola, dia mengingatkan saya pada Andres Iniesta. Setelah lima menit, saya berkata, berhenti, berhenti, Anda akan tinggal bersama kami.”

Arpinon memiliki catatan bagus untuk membawa bakat muda ke Istres yang sebelumnya telah menandatangani Olivier Giroud dan Florian Lejeune, namun Keita istimewa. Klub tersebut mengumpulkan dokumen-dokumen penting dan mengikatnya dengan kontrak tiga tahun. Pada 22 November 2013, dia menandai debutnya dengan sebuah gol dan assist dalam kemenangan 4-2 atas Nîmes. “Dia fantastis,” kata Arpinon.

Musim ini akhirnya berakhir pada degradasi untuk Istres, namun Keita bersinar dalam kesulitan, memberikan kontribusi empat gol dan tujuh assist dalam 23 penampilan. “Itu adalah pengalaman yang bagus untuk Naby,” kata Arpinon. “Sulit baginya saat ia tiba di Prancis, berada di Le Mans dan tidak dapat bermain karena masalah keuangan mereka, tapi dia menunjukkan karakternya di Istres. Kami sangat beruntung.”

Transfer News : Naby Keita menjadi target Liverpool £ 70 juta
Transfer News : Naby Keita menjadi target Liverpool £ 70 juta

Keita diam tapi bertekad, menyerap sebanyak mungkin informasi dan mendengarkan dengan saksama bimbingan rekan setimnya Jerome Leroy, seorang gelandang veteran yang memotong giginya di Paris St Germain. Di lapangan, atletik alami dan kreativitas eye-catching membuatnya menonjol sebagai pemain untuk menonton di divisi yang mengandung anak muda lain yang sedang tumbuh dengan nama N’Golo Kante.

Keita beroperasi di ujung meja menuju Kante, yang akan maju untuk mendapatkan promosi dengan Caen, tapi tidak lama sebelum pramuka mulai mencatat. Arpinon mengingat “banyak klub” melihat Keita saat musim berlangsung, namun pihak Prancis enggan berjudi pada remaja berusia 5ft 6 dengan hanya beberapa bulan pengalaman senior. “Semua orang di Prancis takut,” katanya.

Ini membuka jalan bagi kelompok Red Bull Global Soccer, yang portofolio klubnya termasuk Red Bull Salzburg dan RB Leipzig. Red Bull mulai melacak Keita pada bulan Desember, beberapa minggu setelah debutnya, tapi baru pada hari terakhir musim ini, kepala operasi sepak bola global mereka, Gerard Houllier tertentu, memberi lampu hijau untuk kepindahannya ke Salzburg.

Cari tahu bagaimana Liverpool menargetkan Naby Keita menghentikan latihan RB Leipzig pada hari Senin
Cari tahu bagaimana Liverpool menargetkan Naby Keita menghentikan latihan RB Leipzig pada hari Senin
“Kami bermain melawan Angers,” kata Arpinon, yang mengambil alih tugas manajerial di Istres pada paruh kedua musim itu dan sekarang memimpin perekrutan di FC Metz. “Gerard Houllier duduk di sampingku di stadion Dia tidak mengenal Naby, dia baru saja mendengarnya pemain yang bagus. Selama pertandingan dia berpaling kepada saya dan berkata: ‘Naby fantastis sekali’

Manajer Red Bull Salzburg yang baru diangkat, Adi Hutter, juga terkesan, dan juara Austria itu sepantasnya menandatangani kesepakatan untuk mengontraknya. “Naby Keita adalah pemain muda yang berkembang yang sangat sesuai dengan filosofi kami,” kata direktur olahraga Ralf Ragnick saat kepindahannya . Dua tahun dan dua gelar liga kemudian, Ragnick akan mengawasi transfer Keita ke RB Leipzig.

Dari Prancis ke Austria ke Jerman, perkembangan Keita terus berlanjut. Dan pada awal musim lalu. Kurang dari tiga tahun sejak mencetak gol di debutnya di depan kerumunan yang jarang di Stade Parsemain. Dia menandai busur RB Leipzig-nya dengan turun dari bangku cadangan untuk mencetak pemenang akhir melawan Borussia Dortmund. Kali ini, ia dikelilingi oleh 42.500 penggemar di Arena Red Bull yang terjual habis.’£ 70m tidak terlalu banyak untuk Keita’

Dietmar Hamann yakin £ 70m tidak terlalu banyak untuk target Liverpool Naby Keita.
Keita menjadi jimat bagi para pendukung Bundesliga. Menambahkan dua gol berikutnya untuk klub tersebut dalam kemenangan 3-1 atas Werder Bremen pada bulan Oktober. Yang pertama, saat ia menari melalui lapangan tengah yang ramai, membulatkan gawang yang melaju maju dan finis dari sudut sempit. Menunjukkan kepadanya betapa hebatnya nya. Beberapa minggu setelah itu, dia mencapai sasaran jangka panjang dari pesaing musim ini melawan Freiburg.

“Dia pesepakbola gila,” kata pelatih RB Leipzig Ralph Hasenhuttl usai pertandingan Werder Bremen. Teman tim Keita sama-sama menyetujui. “Saya memberi tahu Naby sebelum pertandingan bahwa dia adalah pemain terbaik dari semuanya, dan dia hanya harus menunjukkannya. Kata bek tengah Marvin Compper. “Dia menunjukkannya!”

Komentar Compper mungkin ringan tapi baru beberapa bulan kemudian Keita menyatakan keinginannya untuk menjadi pemain terbaik dunia. Dia memiliki jalan panjang untuk memenuhi ambisi tertentu, namun tidak sulit untuk melihat mengapa dia dihargai oleh RB Leipzig. Tidak sulit untuk memahami mengapa Liverpool bersedia memecahkan rekor transfer mereka untuk membawanya. Ke Anfield untuk transfer news kali ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *